"Kata adalah senjata" -Subcomandante Marcos-

Saturday, March 8

To Beef Or Not To Beef

bukan masalah sara yang ingin saya bahas, hanya sekedar tanggapan saja. heran juga rasanya jika orang hindu makan beef.

well let's have a look , beberapa situs yang pernah saya kunjungi, seperti di sini, bilang kalo:
"Hindus believe that all living things have souls, so almost all Hindus are vegetarians. A vegetarian does not eat meat. Some Hindus are vegan, which means they will not eat any animal products, including eggs and cheese. Other Hindus will eat poultry and fish, but will not eat beef. Cows are particularly sacred to Hindus. It is not unusual to see a cow wandering through the streets of an Indian city."

sapi merupakan hal yang sakral di agama hindu, tetapi herannya, ada juga orang hindu yang sukanya makan beef.

seorang teman yang sudah lama tinggal di pune pernah bilang bahwa bahkan ada beberapa kenalan yang doyan banget sama beef dan mengakuinya secara terbuka. yang aneh lagi, ada rekan kantor, seorang hindu, yang ngajak makan beef.


ada yang salah, saya kurang tahu, mungkin sama seperti fenomena seorang muslim ktp (maaf). tapi yang jelas, sapi, di kalangan ummat hindu termasuk hewan yang disakralkan. meski ummat hindu tidak menyembah sapi, larangan untuk makn daging sapi sudah ada sejak veda ditulis dan masih berlaku di kalangan ummat hindu sampai sekarang.

meski sapi adalah hewan sakral, produk olahan sapi banyak dijual, keju, butter, susu, dahi (yoghurt) banyak dijual. harganya pun lebih murah daripada di indonesia.

No comments: